Arsip Blog

PM Cina nyanyi lagu Ayo Mama



Perdana Menteri Cina Wen Jiabao menyanyikan lagu Ayo Mama yang masih ia ingat sejak muda dalam kunjungan ke satu universitas di Jakarta.
"Saya nyanyikan lagu ini dari lubuk hati yang paling dalam," kata Wen, yang menyanyikan versi bahasa Mandarin dari lagu yang juga terkenal di Cina.
Sejumlah delegasi Cina juga ikut bernyanyi dalam paduan suara mahasiswa Universitas Al-Azhar di Jakarta.
"Saya berkunjung ke sini saat saya masih kecil dan saya dapat menyenandungkan lagu terkenal seperti 'Butet' dan 'Ayo Mama'," kata Wen sebelum berkunjung ke Indonesia.
"Hubungan antara kedua negara sudah dimulai 2.000 tahun lalu," tambah Wen.
Mahasiswa universitas juga membawakan puisi berjudul "Satu pagi di kota Bai Di," yang ditulis oleh penulis puisi terkenal Cina Li Bai di abad ke tujuh.
Wen mengatakan: "Puisi ini bercerita tentang bila seseorang ingin berhasil, kita harus terus maju."

Bahasa Mandarin
Wen Jiabao juga sering menulis puisi dan salah satu yang terkenal berjudul "Menatap langit berbintang." Puisi itu merupakan seruan kepada anak muda untuk terus mengejar mimpi mereka.
Kunjungan Wen ke universitas Al-Azhar sebagai bagian dari kerjasama antara universitas itu dan universitas Fujian di Cina dalam program bahasa Mandarin.
Program ini mencakup kursus bahasa Mandarin selama beberapa tahun di universitas itu melalui lima instruktur dari Cina.
Selain itu, lima universitas lain di Kalimantan, Makasar, Bandung, Malang dan Surabaya juga memiliki pakar bahasa dari Cina.
Wen mengatakan langkah ini merupakan upaya untuk menyebarkan budaya Mandarin di antara pemuda Indonesia.
"Saya harap melalui bahasa Mandarin, akan semakin banyak anak muda Indonesia yang mengerti perkembangan Cina," tuturnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...