Arsip Blog

'Bapak' Sensor Internet China Dilempar Sepatu

China dikenal dengan kebijakan sensor internet sangat ketat. Sebagian rakyat China rupanya tidak senang dengan sensor tersebut. Sampai-sampai, tokoh di balik sensor yang sering dijuluki Great Firewall ini dilempari sepatu dan telur.


Fang Binxing (ist)

Adalah Fang Binxing, pria yang sering dijuluki sebagai bapak sensor internet di China. Baru-baru ini saat memberi kuliah di Wuhan University, beberapa mahasiswa memprotesnya. Malah ada yang melemparnya dengan telur dan sepatu.

Protes dilakukan karena Fang dinilai mengungkung kebebasan rakyat China dalam mengakses internet. Pihak kepolisian China sedang menginvestigasi kasus ini.

"Telur tidak mengenai sasaran. Sepatu pertama yang dilempar kena target. Sedangkan sepatu yang kedua dihalang-halangi," bunyi sebuah tweet yang melaporkan insiden tersebut, seperti dilansir BBC dan dikutip detikINET, Jumat (20/5/2011).

Sensor internet Great Firewall yang dikembangkan oleh Fang memblokir ribuan website. Selain konten porno, banyak topik yang tidak disenangi pemerintah China juga diberantas dari dunia maya.

Misalnya saja, website yang berhubungan dengan tokoh Tibet, Dalai Lama, tidak dapat diakses di negeri Tirai Bambu ini. Pemerintah China bahkan mendirikan lembaga khusus sensor internet, State Internet Information Office.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...